Jumat, 18 November 2011

Louis Daguerre : Daguerreotype.

Louis-Jacques-Mandé Daguerre (November 18, 1787 – July 10, 1851) ialah seniman dan kimiawan Perancis yang dikenal untuk penemuannya yakni proses fotografi Daguerreotype.
Ia mengadakan percobaan untuk menciptakan gambar pada 1824, mempertunjukkan diorama dengan berkeliling Perancis, Inggris, dan Skotlandia. Beberapa tahun setelah Nicéphore Niépce memproduksi fotografi pertama di dunia, kedua lelaki itu memulai kerja sama 4 tahun – sampai kematian Niepce pada tahun 1833.
Daguerre mengumumkan penyempurnaan terakhir Daguerreotype, setelah tahun-tahun percobaan, pada tahun 1839, dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis yang mengumumkan prosesnya pada 9 Januari tahun itu. Paten Daguerre diambil alih oleh Pemerintah Perancis, dan pada tanggal 19 Agustus 1839 Pemerintah Perancis mengumumkan penemuan itu merupakan hadiah "sumbangan untuk dunia".

Bagaimanapun, Daguerre sendiri tidak mematenkannya untuk Inggris pada tanggal 12 Agustus, dan secara besar hal ini memperlambat pengembangan fotografi di Britania Raya.
Daguerre meninggal pada 10 Juli 1851 karena serangan jantung di Bry-sur-Marne , 12 km (7 mil) dari Paris.  Sebuah monumen menandai kuburannya di sana. Nama Daguerre adalah salah satu dari 72 nama yang diabadikan di menara Eiffel .

Louis Daguerre membentuk kemitraan dengan Joseph Niepce untuk menghasilkan gambar fotografi pertama tetapi foto-foto dengan cepat memudar.

 Beberapa tahun kemudian, Louis Daguerre mengembangkan sendiri "Daguerreotype"
metode fotografi yang lebih nyaman dan efektif.

Dan hari ini 18 November 2011 Google memgusung tema Louis Daguerre pada Logonya untuk memperingati hari ulangh tahun Louis Daguerre yang ke 224
 
Link terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar